25 October 2013

Prinsip Kerja Rotary Epavorator


Rotary Evaporator merupakan kumpulan instrument, terdiri dari heating bath, flask, rotator dan kondensor yang terintegrasi menjadi satu kesatuan. Rotary Evaporator adalah instrumen yang menggunakan prinsip destilasi (pemisahan). Instrument ini bekerja dengan menurunkan tekanan pada labu/flask dan pemutaran labu/flask agar pelarut dapat menguap lebih cepat dibawah titik didihnya. Disamping itu instrumen ini lebih disukai, karena hasil yang diperoleh sangatlah akurat.

Bila dibandingkan dengan teknik pemisahan lainnya, misalnya menggunakan teknik pemisahan biasa yang menggunakan metode penguapan menggunakan oven. Maka bisa dikatakan bahwa instrumen ini akan jauh lebih unggul.

Karena instrumen ini memiliki teknik  menurunkan tekanan pada labu/flask dan memutar labu/flask dengan kecepatan tertentu. Sehingga pelarut akan menguap dan senyawa yang larut dalam pelarut tersebut tidak ikut menguap namun mengendap. Dan dengan pemanasan dibawah titik didih pelarut membuat senyawa yang terkandung dalam pelarut tidak rusak oleh suhu tinggi.

Hasil dari evaporator (produk yang diinginkan) biasanya dapat berupa padatan atau larutan berkonsentrasi. Larutan yang sudah dievaporasi bisa saja terdiri dari beberapa komponen volatil (mudah menguap). Evaporator biasanya digunakan dalam industri kimia dan industri makanan. Pada industri kimia, contohnya garam diperoleh dari air asin jenuh (merupakan contoh dari proses pemurnian) dalam evaporator. Evaporator mengubah air menjadi uap, menyisakan residu mineral di dalam evaporator. Uap dikondensasikan menjadi air yang sudah dihilangkan garamnya. Evaporator juga digunakan untuk memproduksi air minum, memisahkannya dari air laut atau zat kontaminasi lain.

Untuk penawaran dan informasi lebih detail tentang Rotary Epavorator
Segera hubungi PT Trikarsa Indoinstrument | Scientific & Laboratory Supplier, distributor jakarta  Indonesia | website : www.trikarsa.co | Telp : 021 4755877 | Email : sales@trikarsa.co

Kunjungi website www.trikarsa.co dan like halaman facebook kami untuk mendapatkan info penawaran, promo dan diskon

No comments:

Post a Comment